RSS

Ikan Gabus Dapat Obati Diabetes

Terbukti, Ikan Gabus Dapat Obati Diabetes

Ikan Gabus ternyata memiliki khasiat sebagai obat untuk kesehatan manusia. Peneliti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, membuktikan, bahwa ekstrak ikan gabus dapat menjadi obat diabetess

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan penelitian pada hewan uji. Hasil yang didapat pada hewan uji, ekstrak ikan gabus dapat menurunkan kadar gula darah dan memperbaiki jaaringan pankrreas yang rusak.

“Kerusakan jaringan pankreas sendiri, dapat menyebabkan terjadinya hiperglikemik atau kadar gula berlebih dalam darah,” kata salah satu peneliti, Dr Dewi Hidayati SSi MSi, Sabtu (2/4/2016).

Dewi mengungkapkan, sebelumnya hewan uji telah diberi senyawa aloksan ke dalam tubuhnya. Senyawa ini bertujuan untuk merusak jarringan pankreas pada hewan uji.

Setelah itu barulah hewan uji diberikan ekstrak ikan gabus. Tak lama kemudian, terlihat ekstrak ikan gabus mampu meregenerasi jaringan pankreas yang sebelumnya rusak akibat pemberian senyawa aloksan.

“Sebesar 69,78 persen jaringan pankreas dapat kembali normal,” jelasnya. Lalu, apakah ekstrak ikan Gabus juga bisa mengobati impotensi akibat penyakit diabetes yang diderita pria?

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak ikan gabus ternyata tidak hanya memulihkan jaringan pankreas, tapi juga berhasil meregenerasi jaringan testis hewan uji. Rencananya, riset tentang manfaat ikan Gabus ini juga akan dikembangkannya dalam hal molekular.

“Pendekatan molekular ini dapat menjadi ilmu baru dalam bidang pengobatan di Indonesia,” tuturnya.

Dewi berharap, ekstrak ikan asli penghuni perairan Indonesia yang ditelitinya bersama tim, dapat menjadi obat penyakit diabetes alternatif yang efektif, murah, dan mudah didapat oleh masyarakat.

Berdasarkan penelitiannya yang berjudul “Blueprint for Change”, penderita diabetes di Indonesia tercatat mencapai 7,6 juta orang. Sebanyak 41 persen di antaranya tidak mengetahui kondisi kesehatannya, dan 39 persen tidak mendapatkan pengobatan. Sisanya, hanya 0,7 persen penderita penyakit diabetes yang mendapatkan pengobatan dengan tepat.

Padahal, diabetes mellitus (DM) merupakan salah satu jenis penyakit penyebab kematian tertinggi ke-6 di Indonesia. Sayangnya, kebanyakan penderitanya tidak sadar mengidap penyakit ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai gejala-gejala yang timbul. Selain itu, biaya pengobatan yang harus dikeluarkan juga terbilang mahal.

sumber: lampung.tribunnews.com

 

Segelas Jus Mentimun, Bantu Turunkan Berat Badan

Bingung mau minum jus apa karena bosan jika minum jus itu-itu saja, kenapa tidak mencoba minum jus mentimun? Kamu bisa mencoba minum jus mentimun karena bisa membantumu menurunkan berat badan.

Sama halnya dengan jus-jus buah atau jus sayur lainnya, mentimun punya banyak manfaat kesehatan dan sangat baik membantu penurunan berat badan. Air mentimun kaya nutrisi yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin C dan mineral berupa mangan.

Jika kamu suka olahraga dan ingin menguatkan otot, maka jus mentimun juga bisa jadi minuman terbaik karena kandungan mangan pada mentimun bisa menguatkan otot. Jus mentimun sangat ampuh juga menurunkan tekanan darah tinggi sehingga sangat baik menjaga kesehatan jantung karena bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler.

Mentimun ternyata mengandung sangat sedikit kalori, mengandung air yang cukup banyak dan bisa menurunkan nafsu makan sehingga bisa membuat tubuh terasa kenyang hanya dengan minum satu gelas jus saja. Inilah yang membuat mentimun unggul dalam membantu menurunkan berat badan.

Bukan hanya itu, jus mentimun jus membantu detoks tubuh dan menjaga kult tetap segar dan sehat. Minumlah 1 gelas jus mentimun tanpa gula dua hari sekali sebagai selingan jus buah dan sayur lainnya.

Namun terkadang ada yang tidak suka dengan mentimun karena bisa membuat organ intim basah dan keputihan. Beberapa wanita memang mengalami hal ini, dan jika kamu salah satunya, kamu bisa menghindari minum jus mentimun, dan lebih baik minum jus lainnya.

sumber: vemale.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Maret 2016 in Uncategorized

 

Ngemil Ubi, Enak, Sehat dan Bonus Berat Badan Turun

Ingin berat badan turun, tapi sulit menghilangkan kebiasaan ngemil? Eits! Nggak perlu sedih, Ladies. Ngemil saat dalam program diet menurunkan berat badan, sah-sah saja dan bahkan dianjurkan agar kamu tidak kalap saat makan, kok.

Syarat ngemil yang sah saat menurunkan berat badan ini adalah bukan makanan ringan seperti keripik kentang, biskuit cokelat, wafer atau kacang goreng. Melainkan, makanan sehat yang mengenyangkan tapi berkalori rendah serta kaya nutrisi, seperti ubi.

Memiliki rasa enak dan mengenyangkan, salah satu tanaman jenis umbi-umbian ini, seperti disebutkan dalam laman http://www.popsugar.com, juga menyimpan banyak nutrisi yang bermanfaat membantu Anda dapatkan berat badan ideal. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

  • Kaya Serat. Ubi, baik yang berwarna oranye atau kuning memiliki banyak kandungan serat. Makanan yang kaya serat akan membuat perut awet kenyang, sehingga mencegah keinginan untuk terus ngemil. Serat pada ubi juga perlu waktu lama bagi tubuh untuk dicerna. Hal ini membuatmu cepat kenyang dan tidak makan berlebihan. Asupan kalori yang masuk pun jadi lebih sedikit.
  • Rendah Kalori. Ubi adalah makanan rendah kalori, asalkan diolah dengan cara yang benar. Satu sajian ubi manis (satu cangkir) mengandung 90-100 kalori. Jumlah kalorinya jauh lebih rendah ketimbang kentang ukuran sedang yang bisa mencapai 300-400 kalori per sajian.
  • Membantu Mengontrol Gula Darah. Ubi tidak hanya tinggi akan karbohidrat, tapi juga mengandung karotenoid yang membantu menstabilkan kadar gula dalam darah dan menurunkan resistensi insulin. Karotenoid juga meningkatkan produksi adiponectin, hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah. Selain itu, ubi termasuk makanan dengan indeks gilkemik yang rendah.
  • Tinggi Kandungan Air. Tubuh bereaksi lebih positif terhadap makanan yang kaya kandungan airnya. Makanan yang menyimpan banyak air, seperti halnya ubi manis akan membuat perut terasa lebih penuh sehingga mencegah keinginan makan berlebihan. Ubi juga mengurangi penumpukan air di dalam tubuh, serta mencegah berat badan kembali naik setelah turun.

Nah, itulah beberapa keuntungan dari ngemil ubi saat kamu sedang dalam masa diet menurunkan berat badan. Tapi, penting diingat bahwa semua manfaat ini hanya bisa kamu dapatkan jika kamu mengolah ubi dengan benar.

Hindari cara pengolahan dengan digoreng, dan sebaiknya mengolah ubi dengan direbus atau dikukus tanpa mengupas kulitnya. Hindari juga mencampurkan bahan-bahan lain yang bisa membuat manfaat dari nutrisi ubi ini sia-sia. Semoga bermanfaat!

Sumber: vemale.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 7 Maret 2016 in Uncategorized

 

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Setiap hari kita memerlukan 7 hingga 8 gelas air per hari. Minum air putih sangat penting bagi kesehatan. Minum air putih selain baik untuk kesehatan tubuh juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi. Untuk itulah para ahli banyak menyarankan untuk minum air putih.

Ladies tahukah bahwa waktu terbaik untuk minum air putih adalah di pagi hari? Berikut adalah manfaat minum air putih di pagi hari seperti yang dilansir newhealthguide.org yaitu:

  • Memperbaiki Sel yang Rusak

    Minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan regenerasi sel dalam tubuh. Selain itu minum air putih di pagi hari juga dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi sel darah dalam tubuh.

  • Awet Muda

    Minum air putih di pagi hari berfungsi sebagai detox, yaitu membersihkan racun dalam tubuh. Dengan rutin melakukan detox akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan kamu akan tampak lebih muda.

  • Menurunkan Berat Badan

    Jika kamu ingin diet cobalah untuk mengonsumsi air putih di pagi hari. Air putih baik untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh, sehingga akan membantu melunturkan lemak dalam tubuh. Minum air putih di pagi hari akan membantu kamu untuk menjaga berat badan.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

    Minum air putih setiap pagi terutama saat perut masih kosong akan membantu menjaga kesehatan tubuh kamu. Hal ini akan membantu pencernaan kamu lebih mudah menyerap nutrisi yang kamu konsumsi.

Ladies, demikian 4 manfaat yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi air putih di pagi hari. Selain manfaat di atas minum air putih juga dapat membuat kamu terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diabetes, asma, anemia dan sinusitis. Dengan minum air putih di pagi hari, keseimbangan tubuh kamu tetap terjaga dan tubuh terbebas dari masalah dehidrasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

sumber: vemale.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 5 Maret 2016 in tipscantik & sehat

 

7 Manfaat Mengagumkan dari Makan Pisang

Jika kamu gemar mengonsumsi pisang, maka kabar ini akan membuatmu merasa beruntung. Buah yang banyak kita temui ini ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Berikut adalah alasan mengapa kamu harus mengonsumsi pisang yaitu:

  1. Mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu kamu untuk membentuk otot kamu. Selain itu pisang juga dapat membantu untuk meningkatkan masa otot kamu.
  2. Kandungan pottasium dalam pisang dapat membantu kamu untuk mempercepat memulihkan otot setelah kamu lelah berlatih.
  3. Pisang dapat membuatmu merasa lebih bahagia. Hal ini karena pisang memiliki kandungan vitamin B9 atau folat yang dapat mengurangi depresi. Pisang adalah anti depresi yang memiliki kandungan serotonin yang memberi efek bahagia.
  4. Pisang adalah obat anti insomnia yang baik. Jika kamu mengonsumsi pisang akan membantu kamu untuk membuatmu cepat tidur. Kandungan trytophan dalam pisang dapat membantumu cepat tidur.
  5. Pisang dapat membantu kamu menurunkan berat badan. Konsumsi pisang setiap hari, kolin dalam pisang akan membantu untuk membakar lemak dalam tubuh.
  6. Jika kamu memiliki masalah dengan gula darah, maka mengonsumsi pisang dapat membantu untuk mengatasi masalah kamu. Pisang dipercaya dapat membantu stabil gula darah dalam tubuh.
  7. Pisang adalah pilihan menu diet yang tepat. Pisang banyak mengandung serat yang dapat membantu kamu merasa tetap kenyang.

sumber: vemale.com

 
 

Seledri, Penurun Kolesterol dan Hipertensi

Jika melihat sayuran seledri di pasar, pasti Anda akan membayangkan kesegaran yang bisa didapat dari sayur ini. Meskipun jarang sekali dimanfaatkan sebagai bahan utama sebuah masakan, atau bahkan mungkin tidak ada, namun sayur yang berperan sebagai penyedap rasa masakan ini memiliki manfaat besar untuk kesehatan.

Daun dan batang seledri diketahui memiliki banyak serat dan air sehingga sangat baik untuk pencernaan. Hal ini didukung dengan kutipan dari http://www.stylecraze.comyang menyatakan bahwa seledri dapat menurunkan kolesterol, mengontrol tekanan darah dan melenturkan pembuluh darah.

Jus seledri mentah sarat dengan berbagai nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dan energi yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat berfungsi secara optimal. Salah satu kandungan seledri adalah  senyawa kimia bernama 3-n-butylphthalide yang memiliki efek positif pada pengurangan kolesterol jahat  atau disebut juga low-density lipoprotein dalam aliran darah.

Hal ini juga sekaligus membantu sekresi asam empedu atau steroid yang berperan dalam menurunkan kolesterol. Dengan turunnya kadar kolesterol, hal ini juga akan berpengaruh terhadap tekanan darah. Efek dari senyawa 3-n-butylphthalide juga dapat mengurangi sekresi hormon stres dan melemaskan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga lebih leluasa dan memudahkan aliran darah lebih lancar.

Jika Ladies ingin mendapatkan manfaat yang lebih besar dari daun seledri, jangan hanya mengonsumsi 1-2 batang saja. Anda bisa menjadikan seledri sebagai minuman diet dengan cara menghaluskan seledri menjadi segelas jus yang diminum paling tidak setiap sehari sekali agar efeknya terasa.

 
 

Cara Mudah Kuruskan Badan Usai Melahirkan

Setelah mengandung selama sembilan bulan, biasanya wanita ingin lemak di tubuhnya segera mencair. Namun, untuk menurunkan berat badan setelah kehamilan, Anda harus cukup sabar.

Tubuh Anda masih belum pulih setelah melahirkan, sehingga Anda tidak bisa menahan lapar untuk menurunkan berat badan atau melakukan latihan berat.
Biarkan tubuh Anda membentuk kembali secara alami dalam beberapa waktu. Jangan paksakan diri Anda dalam sebuah latihan penurunan berat badan yang sulit.
Berikut cara menguruskan badan setelah melahirkan, seperti dilansir laman Boldsky.
Menyusui
Apakah Anda tahu bahwa menyusui adalah cara alami untuk menguruskan badan setelah melahirkan. Menyusui dapat membakar kalori sebanyak 500 tanpa harus melakukan latihan berat.
Tidur sebentar
Anda harus tidur sebentar pada siang hari, hal ini dilakukan untuk mengganti tidur yang kurang pada malam hari. Karena kurang tidur dapat membuat tubuh Anda kembali gemuk. Hal ini berdampak pada naiknya berat badan karena Anda akan menginginkan makanan tidak sehat.
Jangan buat diri Anda kelaparan
Diet setelah kehamilan dapat berbahaya bagi Anda dan bayi Anda, karena tubuh Anda memproduksi ASI dan tidak mendapat gizi ketika diet. Diet setelah melahirkan malah dapat membuat berat badan naik.
Berjalan
Berjalan 30 menit dapat membakar sebanyak 100 kalori. Anda harus menikmati berjalan dengan teman Anda sekaligus bersama bayi Anda. Hal ini dapat membuat Anda nyaman berjalan selama 30 menit.
Minum air
Anda harus minum dua gelas air pada pagi hari sebelum sarapan. Ini dapat meningkatkan metabolisme dan menghilangkan rasa untuk menginginkan gula Anda. Anda juga bisa minum jus lemon pada pagi hari tanpa gula untuk mengurangi berat badan.
sumber: viva.co.id
 
 
 
Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.